Home / Artikel / Catatan Perjalan Ke Tunisia (part3) – Kunjungan Ke Masjid Jamik Uqbah Bin Nafi’

Catatan Perjalan Ke Tunisia (part3) – Kunjungan Ke Masjid Jamik Uqbah Bin Nafi’

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest
Pelataran Dalam Masjid Qairawan
Pelataran Dalam Masjid Qairawan

 

Keikut sertaanku dalam ICO FATE di kota Tunis memunculkan motivasi untuk ziarah ke masjid jamik Uqbah bin Nafi’ di Kairawan yang berjarak 170 km arah selatan kota Tunis. Alhamdulilah setelah memempuh perjalanan 3 jam kami tiba di kota yang sudah saya kenal ketika saya meneliti dan menerjemah Bidayatul Mujtahid karya Ibnu Rusyd. Masjid seluas 10.000 m2 ini terawat bersih, dg jalan cukup lebar utk menuju gerbang. Halamannya juga luas dan bersih sebersih dan keikhlasan pendirinya Uqbah bin Nafi’, ra (621-683M).

Panglima pembebas Afrika Utara (saat ini Maroko, Tunisia, Algeria, dan Libya) ini bagi saya sangat mengagumkan. Dengan iman dan semangat jihad yang bergelora, ia mampu “membebaskan” kawasan luas, angker dan ganas yang sebelumnya sudah dikuasai Romawi. Ia mampu mendinamisir peradaban Romawi menjadi karya tata kota Kairawan dan desain masjid yang saat ini diakui kehebatan oleh Unesco.

Masjid ini menjadi icon pariwisata Tunisia yang tentu memasok devisa Tunisia melalui sektor pariwisata. Ia sangat berjasa ketika masih masih hidup, dan terus memasok sumber kehidupan (ilmu, keteladanan dan ekonomi) bagi genersi penerusnya. Sungguh realisasi tiga amal manusia yang terus berjalan tanpa putus; sedekah, ilmu dan generasi yang melanjutkan perjuanganya. Uqbah bin Nafi’ ra memang sdh wafat 14 abad yang lalu, tapi amal dan semangatnya terus berjalan dan insya Allah akan terus berjalan tanpa putus. Wallahu a’lam

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

About PESMA AN-NUR

mm

Check Also

Diaspora Kaum Yahudi

Share this...  Setelah persatuan dan kesatuan Kerajaan Israel warisan king David dan Solomon itu tak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *