Home / Kabar Pesantren / Malam Penutupan Gebyar Maulid 2016

Malam Penutupan Gebyar Maulid 2016

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on WhatsappShare on Google+Pin on Pinterest
Tausiyah Pengasuh Pesma Annur Dalam Acara Penutupan Gebyat maulid 2016

 

SURABAYA – Gebyar Maulid 2016 yang digelar oleh OSPM ANNUR mulai November hingga Desember awal, kini resmi ditutup pada 08 Desember 2016 di Halaman putera. Acara dikemas dengan dibaiyyah kubro yang dihadiri oleh seluruh santri dan beberapa tamu undangan. Penampilan banjari sebagai pra acara semakin mengundang antusias santri untuk bergegas mengikuti acara penutupan Gebyar Maulid. Dilanjut dengan berbagai sambutan, salah satunya dari ketua panitia Gebyar Maulid, M. Aminuddin. “Alhamdulillah, acara Gebyar Maulid dapat terlaksana dengan lancar. Semoga dengan adanya lomba-lomba ini, semakin memotivasi santri untuk berkarya dan saling kompak”, ungkapnya,

Acara ini dihadiri langsung oleh Pengasuh Ponpes an-Nur, KH. Ghozali Said, didampingi oleh Gus Mirwan, menantu beliau dan Bpk. Muhid, selaku pengasuh II. “Maulid itu wujud kecintaan umatnya dengan membacakan pujian-pujian yang sangat indah, dalam kultur Arab disebut taaj al-madiih”, tutur pengasuh ponpes an-Nur dalam sambutannya. Beliau juga menegaskan bahwa maulidan bukan berarti bid’ah. Maulid merupakan hasil dialektik antar budaya, atau yang dikenal dengan akulturasi budaya. Sedangkan bentuk budaya adalah beragam, sehingga sudah wajar apabila maulidan dikemas dengan bentuk yang berbeda-beda.

Pembacaan Maulud Diba’

Kemudian acara dilanjut dengan Dibaiyyah bersama yang disertai alunan music banjari. Acara ini berakhir pada pukul 22.00 an yang ditutup dengan doa oleh Gus Mirwan. Beliau sempat menyampaikan “Dengan adanya maulid Nabi, akan menjadi evaluasi umat Muhammad untuk terus mengingat Rasulullah dan menjadikannya uswah dan qudwah”, tegasnya.

Hal lain yang mengundang antusias santri dalam mengikuti penutupan sekaligus maulid Nabi ini adalah ajang pembagian hadiah bagi para pemenang lomba yang selama ini berlangsung. Setelah dibagikan hadiah, akhirnya juara umum dapat ditentukan. Pihak putri diraih oleh komplek C yang diketuai oleh sdri. Zaidah, sedangkan pihak putera diraih oleh komplek B. Selamat bagi para juara lomba, semoga dapat menginspirasi santri lain.

Liputan oleh : AminuddinNingrat
Editor : Firoh

 

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on WhatsappShare on Google+Pin on Pinterest

About OSPM An-Nur

mm

Check Also

Undangan Halal Bihalal dan Reuni Akbar #2

Share this... Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan hormat, kami mengundang saudaraku keluarga besar alumni PM An-Nur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *