Home / Kabar Pesantren / MENLU SINGAPORE KE PESMA “AN-NUR”

MENLU SINGAPORE KE PESMA “AN-NUR”

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

Untuk memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia-Singapore, sang Menlu Dr. Maliki bin Othman menganggap perlu untuk silaturrahim ke Pesantren Mahasiswa “An-Nur” pada Selasa 13 Maret 2018 pk 16 30. Menurutnya hubungan diplomatik perlu diperkuat dengan silaturrahim dg kiai pondok pesantren. Pesma An-Nur menjadi pilihan beliau untuk dikunjungi. Alhamdulillah kunjungan non formal ini terbilang sukses.

Menjawab pertanyaan santri, Dr Maliki yang juga sebagai Menhan itu menjelaskan bahwa Singapore bisa bersih, hijau dan aman karena beberapa faktor. Pertama, agar bisa menarik wisata utk menunjang ekonomi; karena Singapore tidak memiliki kekayaan alam yg memadai. Kedua, budaya bersih pada mulanya dipaksakan dengan regulasi bagi pembuang sampah sembarangan didenda $500. Ketiga, pemberian kebebasan pada semua etnik yang eksis di Singapore untuk berkompetisi dalam berbagai bidang secara transparan sesuai dengan UU yg berlaku. Misalnya apartemen mewah -sesuai UU- harus dihuni oleh warga Singapore sesuai komposisi persentase etnik dan keagamaan penduduk.

Saat ini komposisi etnik warga Singapore adalah ( Tinghoa = 75 %, Melayu = 15%, India= 2.5%, Arab =2.5% dan ethnik lainnya 5%. Untuk itulah UU yg selalu ditegakkan ini membuat Singapore aman, bersih dan maju. Bangsa Indonesia khususnya Surabaya pasti bisa maju bahkan bisa menyalip Singapore, asal regulasi yang ada selalu ditegakkan. Jadi di Singapore tidak ada dan tidak akan ada appartemen mewah yg hanya dihuni oleh ethnik tertentu. Penghuni appartemen pasti dihuni oleh warga yg merepresentasikan komposisi persentase kebangsaan di atas. Demikian juga rumah ibadah harus merepresentasikan persentase jumlah pemeluk agama yang ada.

Saya merasa terhormat Menlu Singapore ini berkenan mengunjungi Pesma An-Nur. Sebab Ibu Rismaharini wali kota Surabaya belum sempat berkunjung ke Pesma An-Nur, padahal saya 2 priode menjadi ketua FKUB kota Surabaya. Semoga kunjungan menjadi perintis datangnya santri dari Singapore dan terbukanya kesempatan bagi santri utk melanjutkan studi dg beasiswa di dua atau tiga universitas terkemuka di sana.

Wonocolo, 23 J. Akhir 1439 H/ 13 Maret 2018

Imam Ghazali Said

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

About OSPM An-Nur

mm

Check Also

Undangan Halal Bihalal dan Reuni Akbar #2

Share this... Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan hormat, kami mengundang saudaraku keluarga besar alumni PM An-Nur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *