Home / Artikel / Peta Dunia Islam

Peta Dunia Islam

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

15192781_10209744736592851_665964743167563270_n

Ketika nabi Muhammad saw (571-632 M) mulai berdakwah, kawasan yang penduduknya berbahasa Arab hanya di Semenanjung Arabia. Arabia yang dimaksud adalah Yasrib di bagian utara, Mekah di bagian tengah dan Yaman di bagian selatan. Dalam sejarah sastra, Semenanjung ini hanya dibagi menjadi dua kawasan penting; utara untuk kawasan Mekah-Madinah yang kemudian populer dengan Hijaz dan kawasan selatan untuk Yaman dan sekitarnya. Kawasan selatan pada masa Rasul dikenal memiliki kebudayaan tinggi dengan latar produk budaya tutur sejak 14 abad SM. Sedang Arabia bagian utara juga telah mencapai puncak budaya tutur yang sedikit lebih rendah dibanding bagian selatan. Anehnya Alquran yang menggunanakan bahasa Arab tutur justru turun di kawasan Arabia bagian utara.

Pasca Rasul, kaum Muslim lakukan ekspansi ke utara menuju Syiria, Yordania dan tanah Palestina (Yerusalem); ke timur ke arah Irak dan Iran, serta ke barat menuju Mesir, Maroko dan semua kawasan yang saat ini terkenal dengan Afrika utara. Saat ekspansi ini terjadi gerakan Arabisasi bahasa, yang menghasilkan mayoritas penduduk di kawasan tersebut mampu bertutur dan menulis dalam bhs Arab. Jadi, penyebaran bahasa Arab itu beriringan dengan penyebaran pembelajaran Alquran. Andaikan Alquran tidak turun di Mekah-Madinah, kiranya kawasan negara-negara yang saat ini tergabung dalam Liga Arab, akan mampu berbahasa Arab. Mereka harus banyak berterima kasih pada Alquran.

Posisi geografis Mekah-Madinah yang berada di jantung 4 benua: Asia, Afrika, Eropa dan Australia membuat penyebaran Alquran dan prinsip-prinsip nilai yang terkandung di dalamnya -dengan perjuangan kaum Muslim awal- dapat dengan mudah tersebar ke seluruh dunia. Dalam ungkapan lain penyebaran Alquran, nilai-nilai luhur yang terkandung dan bahasa Arab adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Wallahu a’lam

 

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

About Imam Ghazali

mm
DR. KH. Imam Ghazali Said, MA adalah Pengasuh PESMA AN-NUR dan Dekan Fakultas ADAB UIN Sunan Ampel Surabaya

Check Also

Diaspora Kaum Yahudi

Share this...  Setelah persatuan dan kesatuan Kerajaan Israel warisan king David dan Solomon itu tak ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *