Home / Galeri Buku / PUASA DALAM DIMENSI FIKIH TASAWUF

PUASA DALAM DIMENSI FIKIH TASAWUF

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

buku 7Judul : Puasa Dalam Dimensi Fikih-Tasawuf
Penulis : Dr. H. Imam Ghazali Said, MA
Penerbit : Harian Bangsa-Diantama
ISBN : 979-9168-40-6
Ukuran : 12 x 18 cm. xi + 155 hlm.
Tahun Terbit : 2013

 

Harus diakui bahwa pengarang kitab Ihya’ tersebut adalah pemikir yang kontroversial pada masanya. Untuk itulah kitab Ihya’ ini pernah menuai gelombang protes massa di Maroko yang saat itu kawasan ini di bawah kendali dinasti Murabithin. Protes itu muncul karena al-Ghazali dinilai melecehkan prilaku ahli fikih (fuqaha) yang oleh al-Ghazali dianggap terlalu bersifat formalis dan matrealistis. Walaupun demikian, kitab yang sudah berusia 1000 tahun ini sampai saat ini masih menjadi rujukan kaum muslim seluruh dunia.

Pertanyaan-pertanyaan yang dikemukakan oleh sebagian masyarakat terkait dengan problem puasa, penulis jawab dalam bagian kedua buku ini. Pertanyaan muncul dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah, Kalimantan Selatan dan Jawa Barat. Ini menunjukkan HARIAN BANGSA menjangkau dan dibaca oleh masyarakat di kawasan-kawasan tersebut.

Diperkirakan pola pendekatan yang penulis gunakan ini akan menuai protes dari kalangan yang menganggap bahwa hukum islam harus merujuk pada hukum yang sudah jadi dan sudah siap saji dalam kitab-kitab fikih klasik. Pendekatan ini penulis pilih, karena himmah pembaca ingin langsung tahu ketentuan ayat alquran atau hadis yang menjadi landasan hukum. Jadi, penulis hanya mengikuti arus besar pertanyaan-pertanyaan masyarakat itu.

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

About PESMA AN-NUR

mm

Check Also

Kiai Kantong Bolong

Share this... Judul : Kiai Kantong Bolong. Penulis : Rizal Mumazziq Z Penerbit : Quanta ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *