Home / Kabar Pesantren / Resmi Dilantik, Pengurus Pesma An-Nur Fokus Optimalkan Potensi Santri

Resmi Dilantik, Pengurus Pesma An-Nur Fokus Optimalkan Potensi Santri

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest
Pelantikan Pengurus OSPM An-Nur Masa Khidmah 2016-2017

Pesma-annur.net, Surabaya – Pengurus Pesantren Mahasiswa  (Pesma) An-Nur Surabaya masa khidmad 2016-2017 resmi dilantik, Kamis (26/5) malam. Selama satu tahun masa khidmad ke depan, pengurus Pesma An-Nur akan fokus mengoptimalkan potensi para santri.

Ketua Organisasi Santri Pesantren Mahasiswa (OSPM) An-Nur, Jamaluddin Akbar  mengatakan seluruh pengurus yang diambil sumpahnya siap menjalankan amanah dengan sebaik-baiknya. Salah satu yang menjadi  garapan utama adalah memfasilitasi potensi para santri di berbagai bidang, diantaranya intelektual, jurnalistik, dakwah dan kajian kitab kuning.

“Kita siapkan konsepnya, agar para santri dalam berproses dapat optimal. Tentu dengan metode dan mentor yang memiliki kapasitas mumpuni. Kita harapkan akan lahir, generasi santri mahasiswa yang cerdas, berakhlak mulia dan berjiwa sosial. Nanti muncul arsitek namun berkarakter santri atau dokter yang agamis,” tuturnya, ditemui Lintas Jatim usai pelantikan.

Lebih lanjut, ia menjelaskan Pesantren Mahasiswa An-Nur yang telah berdiri selama 21 tahun telah terbukti berhasil meluluskan santri berprestasi. Tiap tahun para santri An-Nur yang juga berstatus sebagai mahasiswa di Universitas Airlangga (Unair), Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (Uinsa), Sekolah Tinggi Ilmu Komputer (Stikom) dan Universitas Negeri Surabaya (Unesa) berhasil menjadi mahasiswa terbaik di kampusnya masing-masing.

Sementara itu, Dewan Penasehat OSPM, Lukman Hakim  menyatakan hal yang perlu diperhatikan adalah bahwa saat ini daya saing antar individu sangat kompetitif. Untuk itu, diperlukan konsistensi dalam berproses menempa diri dan memiliki jiwa tak kenal putus asa. “Artinya tidak boleh tergoda dengan sesuatu yang bersifat instan. Apalagi dalam mengasah potensi tidak bisa instan, harus sabar berproses,” terangnya.

Selain itu, Lukman menyampaikan perlunya mengembangkan karakter dan suasana kekeluargaan dalam menjalankan roda organisasi. Tanpa hal tersebut ikatan emosional sulit terjalin dan akan cenderung bekerja sendiri tanpa koordinasi yang jelas. Sebagaimana keluarga, apabila salah satu diantara pengurus atau santri yang mengalami kesulitan muncul kepekaan untuk membantu.

“Saya yakin dibawah kepemimpinan, Jamaluddin Akbar iklim kekeluargaan bisa terjalin. Terutama menanamkan sifat empati pada masing-masing pengurus,” tandasnya.

Seperti diketahui, Pesantren Mahasiswa An-Nur Surabaya didirikan dan diasuh hingga kini oleh Dr KH Imam Ghazali Said MA. Didirikan pada tanggal 14 Rabiul Awal 1414 Hijriah atau 21 Agustus 1994, kemudian setahun berikutnya diresmikan langsung oleh Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU), Abdurrahman Wahid atau akrab disapa Gus Dur. (baq)

Share this...
Share on FacebookTweet about this on TwitterShare on Google+Pin on Pinterest

About Lukman Hakim El Baqeer

mm
Luqman Hakim El Baqeer, Santri angkatan 2010, Jurusan Ilmu Komunikasi Fak. Dakwah UIN Sunan Ampel, Surabaya, Jawa Timur. Wartawan KOMINFO JATIM ini sedang menempuh studi S2-nya di almamaternya. Email: budagponti@gmail.com

Check Also

Undangan Halal Bihalal dan Reuni Akbar #2

Share this... Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh. Dengan hormat, kami mengundang saudaraku keluarga besar alumni PM An-Nur ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *